Cara Memulai Hari yang Baru

“Tuhan, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu.” (Mazmur 5:4)

Bagaimana anda memulai setiap hari yang baru? Apakah begitu bangun anda segera mulai dengan berbagai kesibukan sambil mencoba menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus? Apakah karena begitu terburu-buru, anda seringkali kehabisan napas, dan kehabisan kesabaran lalu menjadi jengkel terhadap istri atau suami anda, marah-marah kepada anak-anak, dan bingung menghadapi masalah yang timbul? Apakah anda memulai hari yang baru dalam keadaan kurang siap, kurang sigap dan khawatir mengenai apa yang akan anda hadapi?

Penyebab dari semua itu sebenarnya sederhana saja. Anda tidak memulai hari anda secara benar. Cobalah belajar dari Daud: “TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku.” Setiap hari hal yang pertama dilakukan oleh Daud adalah berseru kepada Tuhan, yaitu memperdengarkan suaranya kepada Dia. Kata-katanya yang pertama pada setiap hari yang baru ditujukannya untuk Tuhan, bukan untuk manusia.

Selanjutnya Daud berkata: “Pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu.” Sungguh suatu cara yang amat bijak untuk memulai hari yang baru! Perdengarkanlah suara anda kepada Tuhan dalam doa. Lalu ajukanlah semua permohonan anda kepada-Nya. Kemukakan kepada-Nya hal-hal yang harus anda lakukan pada hari itu. Serahkanlah kepada-Nya masalah-masalah serta kesulitan yang kemungkinan akan anda hadapi. Serahkan keputusan-keputusan anda kepada-Nya pula.

Kemudian, seperti halnya Daud, anda akan dapat menunggu dengan penuh harap. Anda akan mampu menyongsong hari itu dengan penuh semangat karena yakin akan mendapat jawaban Tuhan atas doa-doa yang telah anda ajukan kepada-Nya di pagi hari itu.

Ada sebuah pepatah dalam bahasa Yunani yang mengatakan: “Permulaan yang baik merupakan separuh dari seluruh pekerjaan itu sendiri.” Demikian pula halnya dengan cara kita menjalani kehidupan ini setiap hari. Cara kita memulai suatu hari yang baru menentukan hampir segala yang akan terjadi di sepanjang hari itu. Jarang sekali akhir dari suatu hari akan lebih diberkati daripada permulaannya sendiri. Oleh karena itu, mulailah setiap hari yang baru dengan memperdengarkan suara anda kepada Tuhan.

Tanggapan Iman:
Ya Tuhan, tolonglah aku untuk memulai setiap hari yang baru dengan benar, yaitu dengan selalu berseru kepada-Mu dan mengajukan segala permohonanku setiap pagi.

1 comment:

  1. berarti ininya setelah kita bangun tidur, dan sebelum melakukan aktivitas, kita berdoa dahulu, berterimakasih pada Tuhan karena masih diberikan Hidup dan memohon agar diberi kemudahan dalam semua urusan hari ini.

    ReplyDelete