Perubahan Iklim

Sejak Indonesia memasuki musim penghujan, munculnya cuaca buruk dengan gelombang laut mencapai ketinggian 4 meter sering terjadi di Indonesia. Yang lebih mengkhawatirkan, cuaca cenderung makin tidak menentu. Ya, iklim baru memaksa kita untuk dapat menyesuaikan diri.

Dalam hal ini, pemerintah diharapkan bisa menyusun kebijakan baru untuk perbaikan hidup nelayan dalam kaitannya dengan adanya perubahan iklim. Hal serupa juga dialami oleh para petani. Mereka membutuhkan informasi dan pedoman baru, khususnya yang terkait dengan pertanyaan "Menanam apa pada bulan apa?" Tanpa uluran tangan dan kebijakan dari yang berwenang, kekhawatiran nasib nelayan dan petani yang belum sejahtera akan semakin membesar.

Sumber: Kompas 17 Februari 2009, Halaman 6.

Pokok Doa:

1. Berdoa bagi para nelayan dan petani agar mereka diberi kekuatan dari Tuhan untuk menghadapi masa-masa sulit akibat perubahan iklim yang tidak menentu. Biarlah tangan Tuhan senantiasa memelihara mereka.

2. Doakan agar Tuhan memberikan hikmat kepada pemerintah untuk menangani masalah yang dihadapi nelayan dan petani. Kiranya pemerintah dapat mengerahkan tenaga dan kekuatannya untuk memikirkan solusi-solusi yang tepat bagi masyarakat yang membutuhkan ini.

3. Berdoa untuk organisasi masyarakat agar ikut terbeban memikirkan jalan keluar yang tepat sehingga dapat meringankan beban yang sedang ditanggung oleh para nelayan dan petani.

4. Biarlah melalui kesulitan yang sedang dihadapi ini, banyak orang berpaling kepada Allah yang menciptakan alam semesta dan mencari hadirat-Nya.

No comments:

Post a Comment